Rabu, 08 Maret 2017

PERKEMBANGAN E-COMMERCE DI BIDANG AGRIBISNIS





PERKEMBANGAN E-COMMERCE DI BIDANG AGRIBISNIS


Perkembangan teknologi informasi tentunya memudahkan kita untuk mendapatkan dan memberi informasi sebanyak-banyaknya ke seluruh dunia dengan cara yang mudah. Kemudahan-kemudahan yang didapat dari perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berdampak bagi kemajuan diberbagai bidang, termasuk bidang pertanian. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi khususnya internet, bidang pertanian pun ikut diuntungkan karena dengan internet bidang pertanian semakin dikenal oleh masyarakat.
Pertanian merupakan jenis usaha yang memiliki karakter khas karena produk pertanian sangata bergantung pada alam yang selalu dipengaruhi oleh fluktuasi harga, musim yang tidak menentu, maupun kondisi lingkungan seperti serangan hama. Guna mengatasi masalah tersebut, maka perlu diterapkan prinsip-prinsip bisnis, manajemen, dan industri dalam bidang pertanian sehingga dapat memperbaiki citra pertanian serta mendongkrak kesejahteraan petani.
Pengenalan bidang pertanian melalui media informasi khusunya internet diharapkan dapat menarik minat masyarakat pada pertanian sehingga dapat mengubah citra pertanian yang identik dengan kemiskinan. Informasi-informasi yang dapat diberikan berupa teknologi terbaru bidang pertanian, perkembangan trend tanaman organik, maupun profil pengusaha-pengusaha pertanian. Selain sebagai media sharing informasi, trend penggunaan internet saat ini yaitu bisnis online. Bisnis online dapat berupa menjual maupun membeli barang melalui internet.
Pemanfaatan e-commerce untuk produk agribisnis terutama adalah sebagai media promosi, komunikasi, dan informasi. Pemanfaatan ini sangat berpengaruh pada kefektifan dan keefisienan proses kerja, jika secara intens dan maksimal dilakukan. E-commerce sangat membantu petani dalam memasarkan produknya yang mudah rusak dengan cepat. E-commerce juga memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis yang secara langsung maupun tidak langsung memberi pengaruh positif pada komunitas petani terkait karena semakin luasnya jalur pemasaran pelaku bisnis akan  meningkatkan permintaan produksi di kalangan komunitas petani dengan standar kualitas yang ditentukan sehingga pendapatan petani semakin meningkat. Selain memasarkan hasil pertanian, terdapat pula alat-alat pertanian yang diperjualbelikan melalui e-commerce.
Hingga saat ini sudah banyak jenis-jenis e-commerce bidang agribisnis seperti agrowing.com, keranjangsayur.com, hydrofarm.co.id, taniorganik.com, tanihub.com dan lain-lain. Salah satu e-commerce yang sudah dapat diakses melaui aplikasi Android yaitu tanihub.com sehingga lebih memudahkan konsumen dalam berbelanja. Tanihub.com memberikan kebebasan bagi konsumen untuk membandingkan harga dan kualitas produk dari berbagai pemasok yang terdaftar pada Tanihub.com.
Hasil gambar untuk TANIHUB.COM GAMBAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar